Cara Menanam Sawo Dalam Pot Agar Produktif

Puri Budidaya - Lahan yang sempit seringkali menjadi alasan mengapa banyak orang yang malas untuk berkebun di rumah.Padahal, berkebun tidak harus memiliki lahan yang luas, karena keterbatasan lahan pun bisa dimanfaatkan untuk menanam aneka macam buah-buahan.Salah satunya adalah buah sawo yang bisa ditanam di dalam pot.Cara menanam sawodalam pot disebut dengan tabulampot.

Sawo memang menjadi jenis tanaman buah yag paling cocok ditanam di pekarangan rumah. Selain bisa meminimalisir penggunaan lahan, menanam sawo menggunakan pot juga memiliki keunikan.Sehingga, pekarangan rumah jadi makin hijau dan memukau.Apalagi saat masa panen tiba, tentu sangat menyenangkan jika bisa panen buah sawo sendiri di rumah.

Ini Dia, Cara Menanam Sawo dalam Pot Agar Produktif Berbuah

1. Siapkan Media Tanam

Faktor pertama yang perlu diperhatikan jika ingin menanam sawo dalam pot adalah menyiapkan media tanam yang tepat.Tanaman sawo lebih cocok tumbuh pada tanah liar dengan sedikit pasir. Pastikan media tanah yang digunakan memiliki unsur hara yang cukup, yaitu dengan mencampurkan tanah lias bersama tanah kompos dengan perbandingan1 : 1, kemudian dimasukkan ke dalam pot.

2. Masukkan Bibit ke Media Tanam

Teknik memasukkan bibit pohon sawo ke pot atau media tanam juga perlu untuk diperhatikan.Sebaiknya, gunakan arang atau ijuk dengan tinggi sekitar 7cm sebagai alas bawah pot.Tujuannya adalah supaya unsur hara yang ada pada tanah atau media tanam bisa tetap terjaga dan tidak hilang ketika melakukan penyiraman.

Jika media tanam sudah siap, bibit tanaman sawo bisa dimasukkan ke pot.Buang plastik pembungkus atau polybag, kemudian pindahkan ke pot yang sudah berisi media tanam.Jika sudah ditanam, segera siram bibit sawo tersebut agar kondisi tanahnya cukup basah.

Pastikan untuk meletakan pot tersebut di area yang cukup teduh dan sirkulasi udaranya lancar.Setelah dua bulan, bibit sawo biasanya mulai tumbuh daun dan tunas-tunas baru.Apabila tahap ini sudah terjadi, maka letakkan pot di tempat yang mendapat sinar matahari langsung.

3. Lakukan Pemupukan 

Kunci penting pada cara menanam sawomenggunakan pot bisa berhasil adalah melakukan pemupukan. Jenis pupuk yang cocok untuk bibit sawo adalah pupuk urea. Jenis pupuk tersebut akan merangsang tanaman untuk melakukan pertumbuhan daun dan batang, sehingga tanaman sawo semakin tumbuh lebat. Selain urea, berikan juga pupuk kandang sekitar 5 – 10 kg setiap 6 bulan.

Setelah tanaman sawo berumur satu bulan, berikan 50 gram pupuk NPK 15-15-15 pada setiap pot. Pupuk diberikan dengan cara dibenamkan pada media tanah dengan jarak 10 cm dari batang pohon sawo. Lakukan cara ini setiap 3 bulan sekali. Jika tanaman sawo sudah mulai berbunga, tambahkan 100 gram pupuk NPK 15-20-20 untuk mendukung proses pembungaan dan pembuahan.

4. Pemangkasan Batang

Tanaman sawo akan terus tumbuh menjadi lebat dan memiliki banyak sekali batang. Namun, terlalu banyak batang justru bisa membuat pohon sawo sulit berbuah. Oleh karena itu, seleksi batang dengan cara memangkas batang dengan teknik 1 – 3 – 9. Selain itu, cabang yang sakit atau kurang produktif sebaiknya dipangkas saja supaya pohon sawo bisa tumbuh lebih optimal.

5. Lakukan Stresing Air

Stresing air bisa dilakukan pada saat 3 bulan sebelum musim hujan datang.Nah, yang dimaksud dengan stresing air adalah menghentikan penyiraman tanaman selama beberapa waktu, kemudian menyiramnya secara rutin kembali.Contohnya, selama seminggu tanaman sawo todak disiram.Setelah seminggu, tanaman disiram kembali.Lakukan berulang sampai muncul pembungaan.

Cara menanam sawomenggunakan pot sangat mudah bukan?Hanya dengan melakukan beberapa langkah sederhana, Anda bisa menikmati kesegaran hasil panen buah sawo.Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak berkebun karena keterbatasan lahan.

0 Response to "Cara Menanam Sawo Dalam Pot Agar Produktif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel