Cara Menanam Melon Dengan Mudah di Depan Rumah

Puri Budidaya - Buah melon merupakan buah yang termasuk dalam kelompok labu-labuan. Dengan rasanya yang manis, membuat buah ini sangat cocok dijadikan sebagai pencuci mulut. Cara menanam melon pun dapat dengan mudah Anda lakukan sendiri. Tidak perlu lahan yang luas, cukup menggunakan kantong plastik atau polibag Anda bisa memiliki tanaman buah melon.

Cara Menanam Melon Sederhana di Polibag

Seperti yang Anda ketahui bahwa polibag merupakan kantong tanaman yang memiliki ukuran kecil. Dengan begitu setiap tanaman yang menggunakan polibag ini, dapat disimpan dimana saja dengan mudah tanpa harus memakan banyak tempat. Begitu juga dengan tanaman melon, meski merupakan tanaman rambat Anda perlu mempersiapkan beberapa hal untuk menanamnya.

1. Memenuhi kebutuhan tumbuhan melon

Dengan menanam buah melon, halaman depan rumah Anda akan menjadi lebih asri dan sejuk. Dalam menanamnya, ada beberapa kebutuhan yang harus dipenuhi supaya tanaman ini dapat tumbuh dengan baik. Tanaman melon ini, membutuhkan tempat yang memiliki ketinggian minimal 250 meter di atas permukaan laut, memiliki kelembapan yang cukup dan tanah yang subur.

2. Menyiapkan alat-alat

Cara menanam melon dengan mudah, hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu menyiapkan keperluan untuk bercocok tanam. Anda memerlukan polibag dengan ukuran 40 x 50 senti meter atau ukuran yang sedang. Kemudian, Anda juga membutuhkan sebuah lanjaran dengan panjang sekitar 1,5 hingga 2 cm sebagai media rambatnya, serta beberapa peralatan lain seperti pisau dan tali.

3. Menyiapkan bibit yang bagus

Untuk mendapat bibit yang bagus, Anda tidak perlu bingung. Banyak toko tanaman dan pertanian yang menjual berbagai bibit tanaman unggul. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah. Untuk membuatnya lebih berkualitas, sebelum digunakan Anda harus merendamnya engan fungisida selama satu malam, kemudian di anginkan selama dua minggu untuk bisa digunakan.

Kemudian Anda juga memerlukan tanah yang cukup subur, bisa dengan mencampurkan tanah biasa dengan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1. Setelah itu, tanah bisa langsung dimasukan ke dalam polibag. Ketika mulai menanam, jangan lupa bawah bagian benih yang runcing harus menghadap kebawah dan jangan sampai kena matahari secara langsung.

4. Menyiapkan media untuk penanaman

Perlu Anda ingat, bahwa media semai berbeda dengan media tanam. Dengan begitu, media tanam harus dipersiapkan dengan benar. Untuk membuat media tanam, Anda harus mencampurkan tanah dengan pupuk kandang dan arang sekam menggunakan perbandingan 1:2:3. Kemudian, dimasukan ke polibag dengan satu liter humic acid, dua gram NPK dan sebanyak lima gram furadan.

5. Merawat tanaman melon

Benih yang sudah disemai dapat dipindahkan ke media tanam setelah dua hingga tiga minggu atau tingginya sudah mencapai 10 cm. Untuk memindahkannya sebaiknya pada sore atau pagi hari. Tanaman ini dapat mulai menjalar pada umur lima hingga delapan hari. Setelah itu, Anda harus merawatnya dengan benar dan memangkas setiap bagian tanaman yang tidak sehat.

Anda bisa memangkas cabang selain yang ke tujuh dan ke dua belas. Dengan begitu pertumbuhan akan semakin optimal. Selain itu, pemupukan juga harus sering dilakukan dan dikotrol. Selain pupuk dasar Anda juga harus memberi pupuk susulan pada minggu ke dua dan selang sepuluh hari setelahnya.

Meski cara menanam melon ini terdengar mudah tetapi Anda memerlukan ketekunan dalam setiap prosesnya. Dengan begitu setiap buah akan memberi kepuasan pada Anda. Selain itu, pemupukan menjadi hal penting dalam merawat tanaman ini. Meski hanya memiliki lahan yang sangat minim tetapi Anda tetap bisa melakukan cocok tanam dengan mudah.

 


0 Response to "Cara Menanam Melon Dengan Mudah di Depan Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel