Cara Mudah Memulai Budidaya Buah Jeruk

Puri Budidaya - Buah jeruk meruakan salah satu buah tropis dengan peminat yang cukup banyak. Tidak heran jika banyak orang pula yang berminat untuk memulai budidaya buah jeruk. Tetapi dalam memulainya, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui supaya budidaya yang Anda jalankan dapat berhasil dan membawa kesuksesan.

Melakukan Budidaya Buah Jeruk dengan Mudah

Dalam melakukan budidaya tanaman, Anda harus memiliki beberapa pengetahuan tentangnya. Sehingga budidaya yang Anda jalankan dapat berjalan dengan lancar. Mulai dari pembibitan, penanaman hingga perawatan tanaman. Dengan begitu, buah jeruk yang Anda dapat akan memiliki kualitas yang bagus.

1. Menanam bibit di lahan

Sebelum mulai budidaya buah jeruk, hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu menanam bibit buah. Bibit yang unggul biasanya berasal dari kembangbiak tanaman secara vegetatif. Ciri bibit yang berkualitas, yaitu bebas dari berbagai penyakit dan memiliki kemiripan dengan tanaman induknya. Sehingga, nantinya dapat tumbuh dengan subur dengan diameter batang mencapai 2-3 cm.

Sedangkan untuk akar bibit yang bagus, sebaiknya Anda pilih bibit dengan serabut yang banyak. Serta akarnya tunggang dengan ukuran yang sedang dan tentunya memiliki sertifikasi dari penangkaran bibit. Anda juga bisa mendapatkan bibit yang kembangbiakan secara generatif, asalkan memiliki kualifikasi yang sama bagusnya.

2. Cara penyemaian bibit buah jeruk

Terdapat dua cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai penyemaian bibit. Anda bisa memilih salah satu diantara cara generatif atau vegetatif.  Penyemaian bibit generatif, yaitu Anda harus memeras buah yang sudah dipotong, kemudian biji buah dikeringkan dengan cara diangin-angin. Lalu, lahan yang akan digunakan untuk budidaya harus subur dan dibuat petakan.

Selanjutnya, untuk cara vegetatif Anda bisa melakukannya dengan cara yang lebih sederhana. Cukup dengan meyambungkan tunas dari pucuk tanaman ke pohon yang sudah tumbuh. Kemudian tanaman pun siap dibudidayakan. Cara ini lebih mudah dan memiliki banyak kelebihan, seperti cepat beradaptasi dengan lingkungan dan tahan terhadap kekeringan.

3. Mengelola media tanam budidaya

Untuk bisa mengelola media tanam dalam budidaya buah jeruk, Anda bisa memilih lahan di daerah yang sejuk dengan tanah subur. Ketika melakukan penanaman pun Anda harus memperhatikan jarak antar tanaman, karena setiap jenis jeruk memiliki jarak yang berbeda. Seperti jeruk manis, Anda harus membuat jarak 7x7 meter, sedangkan jeruk nipis jarkanya hanya 4x4 meter.

4. Cara menanam buah jeruk

Anda bisa langsung menanam bibit buah jeruk ini baik pada musim hujan ataupun musim kemarau. Tetapi akan lebih bagus jika ditanam pada awal musim hujan, supaya tidak ada peluang terjadinya kekeringan. Anda juga harus melakukan pengurangan daun, batang dan akar. Selain itu, bisa juga dibarengi dengan menanam tanaman lain agar menambah asupan nitrogen bagi pohon jeruknya.

5. Memelihara tanaman budidaya

Setelah melakukan penanaman dan persiapan lainnya, yang harus Anda lakukan selajutnya yaitu pemeliharaan. Jika tanaman budidaya Selain itu, Anda juga harus memperhatikan tanah lahan, apakah ada erosi atau tidak. Kemudian, jangan lupa untuk memangkas setiap batang yang kurang sehat dan bagus, agar tidak mendatangkan beragam penyakit pada tanaman budidaya Anda.

Dalam memulai budidaya buah jeruk memang tidaklah mudah. Tetapi dengan keseriusan dan ketekunan, Anda bisa membuahkan hasil yang manis. Serta memberi keuntungan pada Anda. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan berbagai hal walaupun sangat kecil. Dengan begitu, buah yang Anda hasilkan dapat memiliki kualitas yang bagus dan unggul.

0 Response to "Cara Mudah Memulai Budidaya Buah Jeruk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel