Ini Dia Cara Menanam Durian Dengan Cepat dan Mudah

Puri Budidaya - Salah satu cara menanam durian dengan cepat dan mudah, yaitu dengan cara menanam bijinya. Akan lebih bagus jika biji durian ini, Anda semai terlebih dahulu pada media. Sehingga hasil buah yang didapat bagus dan berkualitas.Ketika Anda menanam durian yang berasal dari bijinya, biasanya pohon yang akan tumbuh memiliki akar yang lebih kuat dari biasanya. 

Serta lebih tahan terhadap serangan berbagai hama dan penyakit tanaman. Tetapi, jika tidak disemai terlebih dahulu buah yang dihasilkan akan berbeda dengan indukannya, serta akan memakan waktu lebih lama untuk tumbuh.

Cara Menanam Durian dan Merawatnya

Ketika menanam sebuah tanaman, Anda tidak hanya sekadar memberinya sebuah media untuk tumbuh. Tetapi, perlu perhatian dan perawatan tanaman yang khusus dan teliti supaya menghasilkan buah yang berkualitas. Dengan begitu, sebaiknya Anda perhatikan dam pahami cara menanam durian dan cara merawatnya.

1. Membuat Media Tanam

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa akan lebih bagus jika biji durian yang akan ditanam dilakukan penyemaian terlebih dahulu. Dalam prosesnya, Anda perlu menyiapkan media semai terlebih dahulu. Caranya dengan mencampurkan tanah dengan pupuk secara merata, selanjutnya disemprot dengan air mineral.

Anda harus memastikan bahwa sirkulasi udaranya cukup, serta atur jarak tiap tanaman supaya udaranya tidak terlalu lembab. Karena, suhu yang diperlukan untuk menumbuhkan biji ini yaitu sekitar 22˚C. Jangan sampai salah, bagian biji yang runcing diposisikan menghadap ke bawah. Setelah usianya  dua minggu, nantinya biji sudah memiliki akar dan sudah bisa dipindahkan ke lahan.

2. Menyiapkan lahan tanam

Sebelum tanaman durian dipindahkan, akan lebih bagus jika Anda menyiapkan lahannya terlebih dahulu. Pertama, Anda harus membersihkan area lahan dari berbagai tanaman liar dan batu-batu. Selanjutnya, Anda perlu menggemburkan tanah dengan cara menggali dan mengaduknya hingga benar-benar gembur dan terlihat subur.

Kemudian, Anda harus mencampurkan tanah dengan pupuk  dan pasir. Sama dengan media semai, Anda perlu juga menyemprotkan sejumlah air mineral agar tanah menjadi lembab. Sebelum memindahkan tanaman, Anda harus menilai tumbuhan yang bagus. 

3. Menanam pohon durian

Cara menanam durian ini cukup sederhana, Anda perlu mengatur jarak antar tanaman supaya bisa tumbuh dengan optimal, yaitu 8x8 meter. Karena lahan tanam sudah dipersiapkan, Anda bisa langsung menanamnya di tanah. Buat supaya akar pohonnya tertanam kira-kira sedalam tiga puluh senti meter. 

4. Memberi pupuk tanaman durian

Seringkali hal ini hanya dilakukan di awal saja, tetapi perlu Anda ketahui bahwa pemupukan ini sangat penting dilakukan dengan rutin. Dengan memberi pupuk yang tepat, tanaman akan tumbuh dengan optimal. Anda perlu melakukan pemupukan ini tiga kali lagi setelah penanaman. Waktunya yaitu selang dua tahun, artinya hingga tanamannya berusia empat tahun.

5. Menyiram tanaman durian

Jika sudah dalam bentuk pohon, biasanya orang sering lupa untuk menyiramnya. Padahal hal ini sangat penting dilakukan agar tanaman tidak mengalami kekeringan. Karena itu, sebaiknya Anda menanamnya pada awal mulainya musim penghujan, supaya pohon mendapat pengairan yang cukup. 

Cara menanam durian menggunakan bijinya memang sederhana, selain itu Anda bisa melakukannya dengan mandiri. Meski waktu yang dibutuhkan lebih lama, biji durian ini sangat mudah didapat. Dengan ketekunan Anda, seiring berjalannya waktu pohon yang Anda tanam nantinya dapat memberi manfaat yaitu buah yang begizi bagi Anda sendiri.

0 Response to "Ini Dia Cara Menanam Durian Dengan Cepat dan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel