Cara Menanam Buah Lemon Menggunakan Media Pot

Puri Budidaya - Belakangan ini, muncul tren baru yang sedang populer di kalangan masyarakat, yaitu menanam buah lemon di dalam pot.Cara menanam buah lemonpada pot yang terbilang cukup mudah dan bisa memberikan nilai estetika di halaman rumah, menjadi alasan mengapa kini banyak orang yang tertarik untuk membudidayakan lemon di halaman atau pekarangan rumahnya.


Cara menanam lemon sebenarnya tidak begitu berbeda dengan menanam buah jeruk pada umumnya.Namun, ada beberapa perlakuan khusus supaya tanaman lemon bisa cepat berbuah, jumlahnya banyak, dan juga berkualitas. Lantas, bagaimana teknik menanam buah lemon terbaik?

Begini Cara Menanam Buah Lemon pada Media Pot

1. Persiapan Bibit Tanaman

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan bibit lemon berkualitas, yaitu cara generatif (biji) dan cara vegetatif (stek atau cangkok). Umumnya, cara vegetatif banyak dipilih karena terbukti bisa menghasilkan tanaman yang lebih unggul dan memiliki daya tahan hidup yang lebih baik. 

Jika ingin mendapatkan bibit lemon dengan cara generatif, faktor paling penting yang harus diperhatikan adalah memilih indukan yang berkualitas. Induk pohon lemon yang berkualitas memiliki ciri-ciri seperti buahnya banyak, bebas penyakit, tidak cacat atau luka, bebas hama, tidak keriput, daun hijau dan lebat, serta batangnya kuat.

2. Penyiapan Media Tanam

Siapkan pot yang bagian bawahnya memiliki lubang sebagai sarana untuk air mengalir. Gunakan pecahan genting pada dasar pot yang bertujuan untuk memberikan celah antara media tanam dengan dasar pot, sehingga akan memudahkan air keluar pot agar media tanam tidak terlalu basah dan lembap. Media tanam yang digunakan adalah tanah yang dicampurkan dengan pupuk kompos, yaitu dengan perbandingan 2 : 1.

3. Penanaman Bibit Lemon

Bibit lemon ditanam dengan posisi berada di tengah pot.Penanaman lemon disarankan dilakukan pada sore atau pagi hari.Setelah bibit lemon ditanam, segara siram menggunakan air.Selain itu lakukan juga penyiraman bibit secara rutin, yaitu 2 kali sehari agar kelembapan tanah tetap terjaga.Letakkan pot tanaman pada area yang mendapat sinar matahari cukup.

Setelah beberapa minggu, bibit lemon akan mulai tumbuh daun dan tunas baru. Akar tanaman lemon juga semakin berkembang.Bibit yang sebelumnya di tanam pada pot ukuran kecil, harus segera dipindahkan ke media pot yang ukurannya lebih besar diameternya. Jika tidak, maka tanaman lemon bisa mengalami keterlambatan pertumbuhan yang akan mempengaruhi kualitas buahnya.

4. Perawatan Tanaman Lemon

Pengendalian Hama Penyakit

Tanaman lemon ternyata memiliki hama pengganggu yang cukup banyak. Untuk itu, perlu dilakukan pengendalian hama agar tidak merusak pertumbuhan tanaman. Pengendalian hama dilakukan sesuai dengan jenis hama yang menyerang, seperti lalat buah, tungau, kutu loncat, kutu daun, ulat, hingga penggerek buah. Hama bisa diatasi menggunakan jebakan buah atau dengan pemakaian insektisida.

Pemangkasan

Pemangkasan dilakukan dengan cara memotong batang atau cabang yang kurang produktif. Sehingga, pohon lemon bisa lebih fokus pada pertumbuhan batang dan cabang yang produktif untuk menghasilkan buah.Selain itu, pemangkasan cabang-cabang tanaman yang tidak produktif juga bertujuan untuk menonjolkan kesan estetika saat ditanam pada media pot.

5. Pemupukan

Lakukan pemupukan sebanyak 4 kali dalam satu tahun.Agar tanaman lemon lebih berkualitas, gunakan pupuk kompos atau pupuk kandang. Penggunaan pupuk organik memang lebih disarankan dibandingkan pupuk kimia yang akan mempengaruhi kualitas media tanam pada jangka panjang. Selain pupuk, berikan nutrisi pada tanaman lemon agar mempercepat pembungaan dan pembuahan.

Setelah melakukan beberapa cara menanam buah lemontersebut, Anda hanya tinggal menunggu waktu untuk memasuki tahap panen. Namun, buah lemon termasuk jenis tanaman yang perlu waktu cukup lama sampai bisa berbuah.Setidaknya, dibutuhkan waktu sekitar 3 – 5 tahun sampai tanaman memasuki masa berbuah dan panen.Jadi, harus sabar menunggu sampai waktu panen tiba.

0 Response to "Cara Menanam Buah Lemon Menggunakan Media Pot"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel