Budidaya Pokcoy di Kebun Rumah

Puri Budidaya - Pokcoy, atau yang juga dikenal dengan pakcoy, adalah sayuran hijau sejenis sawi yang kaya akan vitamin A dan  C. Sayuran ini dapat beradaptasi pada berbagai tempat dengan ketinggian yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mepraktikan budidaya pokcoy di kebun rumah anda.

Persiapan Lahan

Sayuran ini cukup mudah untuk ditanam karena umurnya yang pendek. Sehingga, Anda tidak akan menemukan banyak kesulitan dalam membudidayakannya. Namun, Anda perlu mempersiapkan lahan yang baik untuk sayuran ini. Selain itu, lahan ini juga cocok untuk dimanfaatkan untuk Menanam Terong Belanda. Lahan tersebut harus memenuhi kriteria tertentu.

1. Ketinggian

Pokcoy dapat beradaptasi pada ketinggian 5 mdpl hingga 1200 mdpl. Sehingga, di manapun Anda tinggal, Anda dapat mencoba membudidayakan sayuran ini. Meski  demikian, tanaman ini akan memberi panen yang lebih memuaskan jika ditanam di dataran tinggi.

2. Keadaan Tanah

Sayuran ini lebih suka tumbuh di tanah subur yang sedikit asam hingga netral. Oleh karena itu, Anda perlu mengatur keasaman tanah sehingga tingkat pH tanah berkisar antara 6,5 hingga 7,0. Untuk memastikan kesuburan tanah di kebun anda, pemupukan harus dilakukan 3 hari sebelum menanam sayuran ini.

3. Sinar Matahari

Pokcoy paling suka tumbuh di tempat yang mendapat sinar matahari penuh. Oleh karenanya, Anda perlu menanamnya pada area yang tepat yang disinari matahari seharian penuh.


Cara Budidaya Pokcoy

Apabila Anda belum pernah membudidayakan pokcoy maupun jenis sawi lainnya, sebenarnya sama saja dengan cara menanam tomat ceri pada pot anda dapat mengikuti langkah di bawah ini.

1. Menyemai Benih

Anda sebaiknya menyemai benih pokcoy pada baki plastik, kotak kayu, atau polybag kecil. Persemaian ini dilakukan dengan media berupa campuran tanah gembur dan pupuk kompos atau pupuk kandang yang telah difermentasi. Setiap bagian tersebut harus dicampur dengan perbandingan 1:1. 

Isi tempat persemaian dengan media tersebut. Pastikan bahwa Anda tidak mengisinya setinggi 7 cm. Semprot media tanam ini hingga cukup lembab. Setelah itu, buat lubang sedalam 1 cm. Tanam 2 biji pokcoy pada tiap lubang dan tutup lubang tersebut. Jaga kelembapan media tersebut sampai benih berkecambah.

2. Mempersiapkan Lahan

Beberapa hari sebelum bibit ditanam di kebun, Anda perlu mempersiapkan lahan. Persiapan ini berupa penggemburan tanah sedalam 20 cm, pemupukan, dan penyesuaian tingkat pH tanah. Selain itu, Anda mungkin perlu membuat bedengan dengan lebar 1 m dan tinggi 0,3 m. Hal ini agar tanah memiliki drainase yang baik dan air tidak menggenangi akar pokcoy.

3. Menanam Bibit

Bibit sayuran ini siap ditanam setelah mempunyai 3 atau 5 helai daun. Untuk menanam bibit ini, Anda perlu membuat lubang berukuran 4x6 cm dengan jarak 30 cm. Setelah itu, tanam bibit tersebut dengan hati-hati tanpa membersihkan tanah yang menempel pada akar. Tutup lubang tersebut dengan tanah sampai rapi dan padat.

4. Perawatan 

Penyiraman

Pokcoy membutuhkan banyak air selama masa tumbuhnya. Sehingga, Anda harus sering-sering menyirami tanaman ini. Apabila Anda menanamnya saat musim kemarau, Anda harus menyiramnya dengan lebih sering dan lebih banyak air.

Pemupukan

Selain pemupukan sebelum penanaman, Anda juga perlu mengulanginya pada 2 minggu setelah penanaman dengan menggunakan NPK atau Urea. Kemudian, pemupukan dengan pupuk cair perlu dilakukan saat pokcoy berumur 20 hari.

Pengendalian Hama

Penyiangan secara rutin dapat membantu pokcoy memperoleh nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh. Oleh sebab itu, Anda harus menyianginya secara berkala. Di samping itu, Anda mungkin juga perlu menggunakan pestisida ramah lingkungan untuk mengusir hama serangga.

5. Panen 

Sayuran sejenis sawi ini siap dipanen dalam waktu 45 hari. Ciri-ciri pokcoy yang telah siap dipanen adalah daunnya berwarna hijau cerah dengan tangkai putih kehijauan. 

Sayuran sejenis sawi ini siap dipanen dalam waktu 45 hari. Ciri-ciri pokcoy yang telah siap dipanen adalah daunnya berwarna hijau cerah dengan tangkai putih kehijauan.

Budidaya pokcoy di kebun sendiri dapat memberimu berbagai kentungan. Sayuran ini memiliki dapat dimasak dalam berbagai masakan. Selain itu, sawi-sawian ini juga menawarkan zat gizi yang cukup lengkap. Anda juga dapat mempelajari cara menanam brokoli pada polybag untuk menambah dan memperluas pengetahuan anda serta dapat memberikan manfaat.

0 Response to "Budidaya Pokcoy di Kebun Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel