Cara Menanam Tomat Ceri dengan Mudah di dalam Pot

Puri Budidaya - Tomat adalah salah satu tanaman yang harus ada di kebun sayur rumah Anda. Tanaman ini cukup mudah dibudidayakan dan memberi banyak manfaat kesehatan. Salah satu varietas tomat yang dapat anda tanam adalah tomat ceri. Selain bermanfaat, tomat ini nampak menarik ditanam di pot. Kita juga pernah membahas tentang cara menanam terong belanda. Agar sukses dalam membudidayakannya, Anda harus tahu cara menanam tomat ceri di dalam pot.


Cara Menanam Tomat Ceri

Pada dasarnya tanaman tomat dapat tumbuh pada ketinggian 0 hingga 1500 mdpl. Namun, tomat ceri tumbuh secara optimal pada ketinggian 600 hingga 1200 mdpl. Selain itu, tomat mungil ini menyukai suhu 16oC hingga 27oC selama masa pertumbuhannya, meski ia dapat beradaptasi pada suhu yang lebih tinggi. Untuk menanam sayuran ini di dalam pot, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan.

1. Menyemai Benih

Untuk menyemai benih tomat ceri, Anda perlu polybag berukuran kecil dan campuran tanah halus serta kompos. Isi polybag dengan media tersebut secukupnya. Setelah itu, buat lubang sedalam 1 cm pada tiap polybag. Masukkan benih tomat pada setiap lubang dan tutup lubang ini dengan media. 

Setelah itu, semprot media dengan air sampai lembap namun jangan sampai air tersebut menggenangi media. Setelah itu, tutup polybag dengan koran agar media tetap lembap. Biji tersebut membutuhkan sekitar 3 hari atau kurang untuk mengeluarkan tunas. Selama menunggu, Anda perlu menyemprot media dengan air 1 atau 2 kali sehari.

2. Menanam Bibit

Ketika benih tersebut telah bertunas, buka tutup koran, letakkan pada area yang terkena sinar matahari pagi dan jaga kelembapan media dengan menyemprotnya dengan air. Setelah bibit setinggi 10 cm, Anda dapat memindahkannya pada polybag berukuran 30 cm. Isi 2/3 polybag ini dengan campuran pasir, tanah halus, dan kompos dengan komposisi 0,5:1:1

Pindahkan bibit tomat ceri dengan hati-hati bersama media semainya ke dalam polybag besar. Kemudian tutup akar hingga pangkal bibit menggunakan media tanam baru dan padatkan. Setelah itu, siram tanaman agar media menjadi lembap dan letakkan tanaman pada area yang terkena panas matahari selama 8 jam. Proses ini sebaiknya dilakukan pada sore atau pagi hari.

Setelah bibit ditanam, Anda perlu membuat penopang dari bilah bambu setinggi 1 m. Tancapkan satu penopang di sisi kiri dan satu di sisi kanan. Jarak antara tanaman dan penopang sekitar 10 sampai 20 cm.

3. Merawat Tanaman Tomat

Penyiraman

Tanaman ini perlu disiram secara teratur agar medianya tetap lembap. Akan tetapi, Anda harus ingat bahwa tomat ceri tidak memerlukan banyak air dan tidak suka tumbuh dalam media yang tergenang air. Sehingga, Anda perlu memastikan bahwa polybag tempatnya tumbuh memiliki drainase yang baik.

Pemupukan

Apabila Anda hendak menanam tomat ceri secara organik, maka Anda perlu memupuknya setiap minggu pupuk organik cair. Selain itu, Anda perlu menambahkan segenggam kompos pada media tanam saat tomat ceri berumur satu minggu.

Pemangkasan 

Pemangkasan dilakukan pada anak daun yang terletak pada ketiak daun. Hal ini bertujuan agar tanaman tomat ceri tidak memiliki terlalu banyak batang yang membuatnya tidak seimbang.

Selain itu, saat tanaman ini sudah mulai mengeluarkan buah, Anda perlu memangkas ujung tunas tanaman. Pemangkasan ini berguna untuk memperbanyak produksi buah.

4. Memanen Buah

Tomat ceri biasanya membutuhkan waktu 60 hingga 100 hari untuk berbuah. Buah dari tanaman ini siap dipanen ketika kulitnya berubah menjadi kuning. Pada saat itu, tanaman ini biasanya nampak layu dengan batang yang mulai mengering dan daun yang menguning. Hal ini nampak sangat berbeda dengan budidaya buah tin.

Cara menanam tomat ceri di atas cukup mudah untuk dilakukan, bahkan oleh pemula. Sehingga, Anda pasti akan berhasil dalam membudidayakan tomat ini di dalam polybag. Anda juga dapat mencoba budidaya tanaman mint yang tentunya sangat mudah pula. Selamat mencoba.

0 Response to "Cara Menanam Tomat Ceri dengan Mudah di dalam Pot"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel