Cara Menanam Brokoli pada Polybag

Puri Budidaya - Brokoli adalah salah satu sayuran yang sangat bergizi. Jadi tak heran jika harganya di pasaran cenderung lebih mahal dari sayuran lainnya. Apabila Anda ingin menikmati brokoli tanpa harus membayar banyak uang untuk membelinya, Anda dapat mencoba menanam sayuran ini sendiri. Dengan cara menanam brokoli yang tepat, Anda dapat sukses memanen sayuran ini. Kemudian anda juga dapat mencoba budidaya lainnya, salah satunya yang sudah pernah di-share yaitu cara menanam tomat ceri pada pot.


Cara Menanam Brokoli dengan Menggunakan Polybag

Pada dasarnya, brokoli hanya dapat tumbuh pada tempat yang dingin. Di Indonesia, sayuran ini tumbuh dengan baik pada ketinggian 800 – 1000 mdpl. Meski demikian, Anda yang tinggal di dataran yang lebih rendah, sekitar 200 atau 300 mdpl tetap dapat menanamnya dengan teknik yang tepat. Tentunya hasilnya tidak kalah bagus dan caranya pun lebih mudah dibanding dengan cara mudah budidaya buah tin. Simak langkah-langkahnya :

1. Penyemaian

Proses penyemaian bibit brokoli pada polybag memerlukan beberapa tahapan agar benih cepat bertunas dan tidak mudah terserang hama.

Persiapan 

Pada tahap ini Anda perlu menyiapkan media tanam, yaitu dengan mencampurkan pupuk kandang serta tanah halus dengan perbandingan 1:2. Media ini perlu disterilkan dengan cara dikukus selama 1 jam pada suhu 55oC sampai 100oC. 

Cara lain untuk mensterilkannya adalah dengan mencampur 40 gr/m2 fumigan Basamid-G dengan tanah pada kedalaman 10 cm. Setelah itu, siram tanah dengan air dan tutup tanah tersebut dengan plastik selama 5 hari. Kemudian, tanah ini perlu diangin-anginkan selama 15 hari.

Jika media sudah siap, Anda dapat mempersiapkan benih. Rendam biji brokoli selama 0,5 jam pada air bersuhu 55oC atau larutan fungisida. Setelah itu, rendam biji selama 12 jam. Pilih biji yang tenggelam dan nampak sehat untuk disemai.

Penyemaian

Sediakan beberapa polybag kecil dan isi dengan media yang telah dipersiapkan. Setelah itu, semai biji brokoli yang telah direndam pada lubang kecil sedalam 1 cm.  Tutup lubang dengan media dan tunggu hingga tunas muncul. Dalam menyemai benih, Anda dapat menyemai lebih dari satu benih pada satu polybag.

Pemeliharaan Bibit

Bibit yang telah bertunas perlu disiram dengan cara disemprot pada pagi serta sore. Selain itu, bibit tidak boleh diletakkan di tempat yang terlalu panas. Pilihlah tempat yang terkena sinar matahari pada pagi hari hingga pukul 10 pagi. 

Anda juga dapat menggunakan penutup untuk melindungi bibit dari sinar matahari. Bibit brokoli memerlukan nutrisi tambahan. Oleh sebab itu, Anda harus menyiramnya dengan larutan NPK  secukupnya.

2. Penanaman

Anda perlu memindahkan bibit brokoli pada polybag yang berukuran besar saat bibit tersebut memiliki 4 helai daun. Anda dapat menggunakan sekam sebagai media tanam atau campuran pasir bersih dan serbuk gergaji dengan perbandingan 1:3. 

Setelah itu, tambahkan NPK pada media tanam. Tanam satu bibit brokoli per polybag. Kemudian, letakkan polybag pada tempat yang memperoleh cukup sinar matahari, kurang lebih 5 jam.

3. Perawatan

Penyiraman

Tanaman brokoli perlu disiram sekali setiap hari. Pada awal penanaman, saat brokoli mulai berbunga, dan saat musim kemarau, siram tanaman ini 2 kali sehari. Jika tanaman terkena hujan, Anda tidak perlu menyiramnya

Perempalan 

Apabila Anda ingin memperoleh satu bunga brokoli berukuran besar dari satu tanaman, Anda dapat melakukan perempalan. Caranya adalah dengan memotong setiap tunas samping yang tumbuh pada tanaman ini.

Pemupukan

Tanah tempat brokoli tumbuh perlu dipupuk saat tanaman berusia 1, 3, dan 5 minggu. Pemupukan dapat dilakukan dengan menggunakan larutan NPK.

Pengendalian Hama

Hama serangga mungkin menyerang tanaman brokoli anda. Apabila hal ini terjadi, Anda dapat membasminya dengan insektisida ramah lingkungan. Selain itu, Anda juga perlu menyiangi media tempat brokoli tumbuh.

4. Panen

Brokoli dapat dipanen pada hari ke 60 – 100 setelah penanaman. Anda harus memanennya saat bunga brokoli masih kuncup dan memiliki diameter 15 cm atau lebih.

Dengan cara menanam brokoli di atas, Anda pasti akan sukses memanen sayuran ini di rumah anda sendiri. Sehingga, Anda dapat memperoleh manfaatnya tanpa mengeluarkan banyak biaya. Anda juga dapat mempelajari Cara Tepat Menanam Terong Belanda untuk menambah menambah dan memperluas pengetahuan anda serta dapat memberikan manfaat.


0 Response to "Cara Menanam Brokoli pada Polybag"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel